logo

Piala Dunia 2018: Inggris Vs Kroasia, Penentuan Juara Sejati

Piala Dunia 2018: Inggris Vs Kroasia, Penentuan Juara Sejati

12 Juli 2018 00:09 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MOSKWA: Pertarungan Inggris melawan Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2018 akan menjadi penentu lahirnya juara sejati. Kuncinya ada pada hasil pertarungan di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Rabu atau Kamis (12/7/2018) WIB ini. Inilah menjadi sisi lain menariknya perang Inggris dan Kroasia.

Dalam petualangan selama di Rusia,  hanya Inggris menjadi satu-satunya tim yang pernah kalah yang mampu masuk semifinal. Sedangkan tiga tim lainnya, Prancis, Belgia dan Kroasia belum ternoda kekalahan. Inggris mendapat noda kekalahan ketika ditaklukkan oleh Belgia 1-0 dalam penyisihan grup.

Namun setelah kekalahan itu Inggris terus tumbuh. Meskipun tersendat saat menghadapi Kolombia di babak 16 besar namun Inggris mampu melewati drama adu penalti yang selama ini menjadi momok menakutkan dan mematikan bagi Three Lions. Setelah itu Inggrs menggasak Swedia 2-0.

Sedangkan Kroasia tampil meyakinkan di penyisihan grup dengan mengalahkan Nigeria, Argentina dan Islandia. Bahkan Argentina dihancurkan 3-0. Tetapi di dua langkah berikutnya Kroasia harus berjuang keras untuk menyisihkan Denmark dan Rusia melalui drama adu penalti.

Mampukah Kroasia mempertahankan prestasi tak terkalahkannya untuk melaju ke final dan juara? Jika Kroasia mengalahkan Inggris maka final, Minggu mendatang, akan menyajikan partai tim belum terkalahkan. Prancis yang sudah melaju ke final juga belum terkalahkan selama turnamen.

Tugas Kroasia melawan Inggris tidaklah mudah. Inggris di bawah asuhan pelatih Gareth Southgate merupakan pasukan-pasukan muda yang tengah bergelora untuk mencatat sejarah. Mengembalikan sepakbola ke bumi Inggris setelah menjuarai Piala Dunia 1966. Delapan belas dari 23 pemain Inggris merupakan pemain-pemain muda. Inggris menjadi tim ketiga termuda di Rusia.

Three Lions telah tumbuh dengan cepat di bawah Manajer Gareth Southgate, dan berada di ambang memajukan Inggris ke final untuk pertama kalinya sejak 1966. Meskipun mempunyai ambisi besar namun Harry Kane kawan-kawan  tampak santai menjelang pertandingan melawan Kroasia. Mereka berlatih dengan permainan lucu ayam karet.

Sementara 13 pemain Kroasia merupakan sisa  tim yang gagal maju dari babak penyisihan grup pada tahun 2014. Dipimpin oleh pemain depan Mario Mandzukic dan gelandang Luka Modric dan Ivan Rakitic, pasukan  Manajer Zlatko Dalic kembali mencapai semifinal setelah tahun 1998.

Inggris dan Kroasia belum pernah bertemu di Piala Dunia. Inggris telah memenangkan empat dari tujuh pertemuan mereka sepanjang waktu, termasuk kemenangan 4-2 selama kejuaraan Eropa 2004.

Dalam penampilan di Piala Dunia, Inggris sudah pernah berjaya tahun 1966. Sukses ini ditandai delapan gol Inggris dengan Portugal (1966) untuk yang terbanyak dalam satu turnamen Piala Dunia. Inggris mengalahkan Portugal di semifinal dalam perjalanan ke satu-satunya gelar Piala Dunia tahun itu.

Kroasia mencetak prestasi terbaik menempati peringkat tiga Piala Dunia 1998. Satu-satunya perjalanan Kroasia sebelumnya ke semifinal Piala Dunia berakhir dengan kekalahan 2-1 untuk menjamu Prancis pada 1998.

Kroasia kemungkinan akan memberikan Inggris tantangan terberat. Dengan keunggulan pengalaman dan kematangan para pemainnya Kroasia bisa meredam bara gelora Tiga Singa muda. Kroasia akan menjadi tim terbaik yang dihadapi Inggris di Piala Dunia kali ini.

Jika ingin melaju ke final  pasukan Gareth Southgate harus meningkatkan level permainan dari apa yang telah ditampilkan sejauh ini. Inggris harus menciptakan lebih banyak peluang dalam permainan terbuka. Mampukah melakukannya, Kroasia yang menentukan. ***

Perkiraan susunan tim:


* Inggris (3-5-2): Pickford, Trippier, Walker, Stones, Maguire, Rose, Henderson, Alli, Lingard, Sterling, Kane.

* Kroasia (4-3-3): Subasi?, Pivari?, Corluka, Lovren, Vida, Brožovi?, Rakiti?, Periši?, Modri?, Rebi?, Mandžuki?.

Editor : Gungde Ariwangsa SH