logo

Pemkot Gorontalo Dan Telkomsel Kolaborasi Mengembangkan Digital Smart City

Pemkot Gorontalo Dan Telkomsel Kolaborasi Mengembangkan Digital Smart City

11 Juli 2018 22:57 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - GORONTALO: Telkomsel bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melakukan kolaborasi untuk mengembangkan Gorontalo Digital Smart City di daerah tersebut.

Pelaksanaan program Gorontalo Digital Smart City tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Vice President Sales & Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya dengan Walikota Gorontalo, Marten A. Taha di Jakarta.

"Melalui program Gorontalo Digital Smart City, pemerintah kota Gorontalo dimudahkan dalam mengelola berbagai administrasi daerah dengan lebih modern dan efisien," kata Vice President Sales & Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya, Rabu (11/7/2018).

Seperti, peningkatan efisiensi kinerja instansi pemerintahan berbasis teknologi dan telekomunikasi, kemudahan dalam monitoring kinerja dan evaluasi pelayanan masyarakat, penggunaan e-money TCASH sebagai media pembayaran pajak dan retribusi warga Gorontalo.

Serta penyediaan system informasi dan database yang terintegrasi bagi Pemerintah Kota Gorontalo yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kolaborasi Telkomsel dan Pemkot Gorontalo ini adalah wujud komitmen perusahaan sebagai operator telekomunikasi terbesar di Indonesia untuk mendukung transformasi digital khususnya sektor pemerintahan, dengan menyediakan berbagai solusi untuk pengelolaan administrasi pemerintahan yang lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama pembangunan Gorontalo Digital Smart City ini dapat meningkatkan kerjasama dan juga hubungan baik antara perusahaan dengan pemerintah sehingga dapat terus berkolaborasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu, layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pemerintahan.

"Sedangkan Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas, katanya.

Adapun beberapa program lainnya yaitu dalam rangka meningkatkan layanan kebersihan Kota Gorontalo juga akan dilakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka efesiensi armada angkutan sampah melalui Solusi Internet of Thing yaitu Fleet Sight Telkomsel, dimana semua armada angkutan sampah dapat diatur dan diawasi rute pengangkutan sampahnya secara real time melalui dashboard Fleetsight. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto