logo

Pakar Konstruksi Bangunan Dari 12 Negara Hadiri ICRMCE Ke-4 Di Solo

Pakar Konstruksi Bangunan Dari 12 Negara Hadiri ICRMCE Ke-4 Di Solo

Sejumlah pakar teknik sipil dan bangunan menghadiri 4th ICRMCE di Kota Solo
11 Juli 2018 21:01 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sejumlah pakar konstruksi dan teknik dari 12 negara menghadiri The 4th International Conference on Rehabilitation and Maintenance in Civil Engineering (4th ICRMCE) di Hotel Best Western Premier Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/7/2018). Dalam forum pertemuan dan diskusi tersebut mereka membahas berbagi informasi tentang temuan-temuan hasil riset, kajian, dan pengalaman khususnya di bidang rehabilitasi dan pemeliharaan bangunan sipil.

"Sebagai penyelenggara dari Fakuktas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan dengan FIB (Federation Internationale du béton). Melalui forum ini akan ada interaksi dengan mereka sehingga lebih banyak memiliki jaringan dengan luar negari," jelas Dekan Fakultas Teknik UNS Solo, Dr. Techn. Ir. Sholihin As’ad, M.T.

Sholihin menyebut rehabilitasi dan pemeliharaan dalam dunia teknik sipil merupakan bagian yang penting, tidak kalah penting dibandingkan dengan perencanaan dan perancangan. Dirinya mencontohkan, bencana alam, ketiadaan prosedur yang benar, dan juga menurunnya fungsi bangunan akibat degradasi atau perlemahan material menjadi penyebab kerusakan infrastruktur.

"Pembangunan infrastruktur sering melupakan aspek pemeliharaan maupun rehabilitasinya. Padahal dua hal tersebut suatu langkah yang penting untuk memperpanjang umur layan infrastruktur," katanya.

Pertemuan 4th ICRMCE tahun ini mengambil tema “Smart Rehabilitation and Maintenance in Civil Engineering for Sustainable Construction”. Sejumlah pakar yang hadir diantaranya ahli struktur material asal Jepang Prof Kenichiro Nakarai, pakar stabilitas lereng asal Taiwan Prof Hung Jiun Liao, ahli struktur Singapura,  ahli geoteknik asal Thailand Dr Apiniti, ahli struktur asal Australia Prof Ravi Ravindrajah, pakar material Malaysia Prof Muhammad bin Ismail. 

Ketua Panitia ICRMCE, Yusep Muslih, menambahkan dalam forum pertemuan itu dihadiri kalangan akademisi, peneliti, perencana, perancang, serta konsultan dan kontraktor.

"Sekitar 140 paper dipresentasikan dalam konferensi tersebut," ujarnya.

Sejumlah universitas yang hadir diantaranya UNS, Undip, Unsoed, UNY, ITB, serta ITS. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto