logo

Solo Batik Carnival XI Kembali Digelar, Trie Utami Jadi Maskot

Solo Batik Carnival XI Kembali Digelar, Trie Utami Jadi Maskot

SBC XI kembali digelar di Kota Solo, Jawa Tengah
11 Juli 2018 19:55 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Solo Batik Carnival (SBC) XI kembali digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/7/2018) mendatang.

Tema SBC tahun ini adalah ‘Ika Paramartha’ dalam bahasa Sansekerta yang berati persatuan dalam kesatuan, perbedaan dalam keanekaragaman, dan keunikan dalam ciri khas masing-masing daerah.

Penyanyi senior Trie Utami, dipilih menjadi maskot SBC tahun ini.

Dalam pembukaan Grand Carnival SBC di Stadion Sriwedari nanti, Tri Utami juga akan membawakan sejumlah lagu yang bertema kebangsaan dan NKRI.

"Tema yang diangkat tahun ini adalah menolak SARA. Dalam pagelaran nanti beragam busana dari berbagai daerah di Indonesia akan ditampilkan," jelas Ketua Yayasan SBC, Lia Imelda, di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/7/2018).

Panitia menyiapkan 1.000 kursi berbayar untuk menyaksikan acara pembukaan secara eksklusif di Stadion Sriwedari Solo. Dalam pembukaan tersebut bisa menyaksikan penampilan bintang tamu serta penampilan esklusif ratusan peserta yang terbagi dalam delapan defile.

"Untuk kursi VIP A harga tiketnya Rp150.000, VIP B seharga Rp100.000, dan festival Rp50.000, serta untuk fotografer Rp100. 000," jelasnya lagi.

Untuk pembelian tiket bisa dilakukan melalui www.solobatikcarnival.co.id dan tiket box di Solo Grand Mall. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Hasta Gunawan, mengatakan pegelaran SBC ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Ada 158 peserta dari katagori anak-anak hingga dewasa, semuanya menggunakan kreasi kostum dari berbagai daerah," ujarnya.

Defile yang tampil diantaranya defile Lenggang Batavia mewakili Provinsi DKI Jakarta, Jawa Dwipa mewakili Jawa Tengah, Nagari Minangkabaudari mewakili Sumatra Barat, Mapalili Mamiri mewakili Sulawesi Selatan, Dayak Borneo mewakili Kalimantan Timur, Tiara Dewata mewakili Bali, Sasando Timor mewakili Nusa Tengggara Timur, dan Tana Sajojo mewakili Papua.

SBC 2018 digelar tanggal 14 Juli 2018 mulai pukul 13.00 hingga 17.000 WIB.Dengan rute dari Stadion Seiwedari Solo menuju ke Benteng Vastenburg. ***

Editor : Laksito Adi Darmono