logo

Anak Tidak Mampu Dijamin Sekolah Gratis Di Swasta

 Anak Tidak Mampu Dijamin Sekolah Gratis Di Swasta

11 Juli 2018 16:36 WIB
Penulis : Ahmad Syukri

SuaraKarya.id - BANDUNG : Anak yang berasal dari keluarga tidak mampu dijamin tetap bisa sekolah secara gratis di sekolah swasta. Dengan catatan, ini berlaku bagi sekolah swasta yang menerima bantuan dari pemerintah.

"Ada penguatan dari kami dari dinas (untuk bersekolah) di sekolah swasta tidak dipungut biaya. Kebijakan kami, yang tidak mampu tidak dipungut biaya," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Ahmad Hadadi, Rabu (11/7/2018).

Ia mengatakan, sekolah swasta yang menerima BOS dan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) tidak boleh membebani anak dari keluarga tidak mampu dengan biaya pendidikan.

"Sekolah tidak boleh memaksa yang tidak mampu harus bayar, kalau hanya berkontribusi sesuai kemampuan, silahkan," ungkap dia

Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan Badan Musyawarah Pengelola Perguruan Swasta dan Forum Kepala Sekolah mengenai kebijakan ini. Menurutnya kedua forum tersebut sepakat tidak membebani biaya pendidikan kepada anak keluarga tidak mampu.

"Untuk (anak dari keluarga tidak mampu) tidak boleh dipungut pembiayaan meski juga (sekolah) di swasta. Jadi, sekolah tidak boleh memaksa yang tidak mampu harus bayar," ujar Hadadi. ***

 

Editor : Pudja Rukmana