logo

Fachri Albar Tinggal Jalani Sisa Hukuman 4 Bulan Rehabilitasi

Fachri Albar Tinggal Jalani Sisa Hukuman 4 Bulan Rehabilitasi

Foto: Screenshot WartakotaLive.com
11 Juli 2018 12:38 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Aktor Fachri Albar langsung berpelukan dengan kuasa hukumnya, Sandy Arifin, usai menjalani sidang vonis di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampeta Raya, Jakarta, Selasa (10/7/2018). Hakim memvonis Fachri harus menjalani rehabilitasi sosial selama tujuh bulan di RS Ketergantungan Obat, Jakarta.

Fachri Albar pun mensyukuri hasil sidang putusan majelis hakim yang menjatuhkan vonis tujuh bulan rehabilitasi dengan dikurangi masa tahanan atas kasus penyalahgunaan narkoba. "(Saya) bersyukur aja," kata putera musisi God Bless Ahmad Albar ini seusai sidang putusan kasus itu.

"Ya Alhamdulillah. Sekali lagi, saya bersyukur karena pembelaan yang kita ajukan enam bulan, tapi hakim memutuskan yang terbaik, tujuh bulan," ujar Sandy Arifin menimpali.

Kalau sebelum sidang, wajah Fachri terlihat tegang dan suntrut, kali ini senyum Fachri mengembang. Wajah Fachri terlihat tanpa beban lagi. Ia bahkan sempat tertawa lepas ketika berbincang dengan sesama tahanan lain yang sudah dan sedang menunggu sidang.

Dari hasil putusan sidang tersebut, Fachri Albar praktis tinggal menjalani hukuman sekitar empat bulan sebelum nantinya dinyatakan bebas. Hal ini karena vonis rehabilitasi yang dijatuhkan pada Fachri sudah dikurangi masa hukuman selama dirinya menjalankan proses sidang, tiga bulan. "(Jadi), tinggal jalanin sisanya," ucap Sandy Arifin.

Keputusan majelis hakim tersebut langsung diterima pihak Fachri Albar. Fachri memang sudah menyatakan, menerima apa pun putusan hakim.  "
Jadi, klien kami sembuhnya (bisa) lebih maksimal dan nanti bisa bekerja lagi,” katanya. 

Dalam sidang putusan ini majelis hakim menyatakan Fachri terbukti melanggar Pasal 127 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 60 ayat (5) UU RI No 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. 

Fachri terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri. Oleh majelis hakim, Fachri Albar dijatuhi hukuman rehabilitasi selama tujuh bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. 

Dalam putusan itu, majelis hakim menimbang faktor yang memberatkan dan meringankan. 

Yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa menyalahgunakan narkoba telah meresahkan masyarakat. Sedangkan hal yang meringankan adalah terdakwa menyesali perbuatan, belum pernah dihukum, dan sopan selama persidangan. 

Berlibur Bersama

Sementara itu, usai mendengar putusan Majelis Hakim PN Jakarta Selatan, terkait vonis Fachri Albar, sang istri, Renata Kusmanto tampak senang. Perasaan lega tercermin di wajahnya.

Renata mengatakan, Fachri Albar mengaku menyesal telah menggunakan narkoba. "Dia (Fachri) janji. Yang pasti dia kapok banget," katanya kepada awak media yang mengonfirmasinya.

Renata sendiri mengaku, ia dan kedua buah hatinya, sudah tak sabar menunggu kebebasan Fachri. Ia pun sudah memiliki rencana-rencana indah setelah Fachri bebas nanti. 

Ia akan menghabiskan waktu bersama suami dan kedua anaknya di tempat liburan. Ia ingin berlibur bersama keluarga inti saja, berempat, dia, Fachri dan kedua anaknya. "(Yang) pasti akan ada kumpul keluarga," kata Renata.

Konon, selama terpisah dengan ayahnya, kedua anak mereka kerap menanyakan keberadaan Fachri. Renata pun mencoba mencari alasan yang bisa diterima anak-anaknya. Seperti, memberitahukan kalau ayahnya sedang sakit

"Tapi anak-anak (biasanya) sudah senang kalau main-main ke sana (RSKO)," ucap Renata. ***

Editor : Pudja Rukmana