logo

PWRI Siapkan Peran Positif Bangun Keluarga Tiga Generasi

PWRI Siapkan Peran Positif Bangun Keluarga Tiga Generasi

Ketua umum PB PWRI Haryono Suyono (tengah) didampingi Sekjen PB PWRI Progo Nurdjaman, HS (kiri), dan Direktur Rehabilitasi Sosial Lansia Kemensos Andi Hanindito (kanan). (foto, ist)
10 Juli 2018 21:54 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Dalam rangkaian ulang tahun ke 56, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) yang dipimpin Ketua Umum Haryono Suyono dan Sekretaris Jendral Progo Nurjaman, serta beranggotakan pensiunan pegawai negeri dan pegawai BUMN seluruh Indonesia.

PWRI, kini tengah bergerak cepat meningkatkan perannya ikut membangun keluarga di desa dan di kota menjadi keluarga sejahtera. Pada tingkat awal telah digalang kerja sama dengan jajaran BKKBN, untuk menggunakan sekitar 7.000 kantor BKKBN tingkat kecamatan. Guna menyiapkan lebih dari 5.000.000 orang anggotanya yang lebih dari 80 persen masih segar, dan sebagian besar tinggal di hampir semua desa di Indonesia.

Haryono Suyono, di Jakarta, Senin (9/7/2018) menyatakan, para anggota PWRI itu siap bekerja sama dengan jajaran BKKBN, dari seluruh Indonesia. Utamanya, para petugas lapangan di desa, menyelenggarakan program dan kegiatan pemberdayaan bagi tiga generasi keluarga.

Tiga generasi keluarga, yakni para lanjut usia (lansia), anak-anak mereka yang sudah berkeluarga, serta anak-anak di bawah usia lima belas tahun termasuk anak balitanya. Kerja sama itu dalam upaya mengembangkan jaringan Sanggar Lansia Sehat Sejahtera, yang akan berperan sebagai pendukung keluarga muda dan anak-anak mereka.

Untuk, meningkatkan kesehatan, pendidikan, serta mempersiapkan diri bekerja atau berusaha. Agar bisa mengantar setiap keluarga menjadi keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Kerja sama antara PWRI dan BKKBN tersebut pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 22, yang minggu lalu digelar di Yogyakarta, diperkuat oleh Menko PMK Puan Maharani dengan dukungan Menteri Sosial Idrus Markam, Gerakan Pembangunan Sanggar Lansia Sehat Sejahtera, secara nasional dideklarasikan sebagai program nasional, yang akan didukung Kementerian Sosial.

Apabila gerakan para lansia anggota PWRI ini berhasil, bisa ikut menjadi kekuatan yang maha dahsyat, guna mempersiapkan lansia. Agar tetap aktif membina dan memberdayakan keluarga di pedesaan dan mengantar anak cucu tiga generasi, makin mampu mempersiapkan diri menjadi insan dan keluarga yang bermutu, dinamik dan sejahtera.

Dalam hubungan ini diharapkan Mensos Idrus Markam segera mengambil tindak lanjut. Agar kegiatan PWRI melalui 7.000 Kantor BKKBN di tingkat kecamatan dan desa di seluruh Indonesia bisa segera terwujud.

Lebih dahsyat lagi, ungkap Haryono, apabila kegiatan tersebut dipadukan dengan Gerakan Membangun Desa dan Masyarakat Desa, yang dewasa ini sedang digalakkan di seluruh desa di seluruh Indonesia melalui koordinasi Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. Dengan dukungan dana yang dilimpahkan langsung ke seluruh desa di Indonesia.

Editor : Pudja Rukmana