logo

Dari Tema Cinta Hingga Asian Games, Yanuar Amory Tembus Blantika Musik Indonesia

Dari Tema Cinta Hingga Asian Games, Yanuar Amory Tembus Blantika Musik Indonesia

Yanuar Amory (ist)
03 Juli 2018 03:18 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - PALEMBANG: Tidak mudah  bagi penyanyi lokal untuk menembus blantika musik di Tanah Air. Tapi kenyataannya Yanuar Amory mampu mematahkan anggapan tersebut. 

Pria kelahiran  Palembang  23 Januari ini menunjukkan kiprahnya, bahwa putra daerah tidak boleh dipandang sebelah mata. Ia tetap eksis di jalur Pop di tengah ketatnya kompetisi sekarang ini 

Saat ditemui di Palembang,  Yanuar Amory mengaku baru pulang syuting dari sebuah stasiun televisi swasta nasional di Jakarta dalam acara‘Sing in The CCar’. Tayangan ini menampilkan artis papan atas dan rbaru pilihan stasiun tv tuntuk bernyanyi ‘live’ di dalam mobil yang tengah berjalan.

“Bulan lalu saya tampil di Ternate Maluku mengisi acara di sana, kemarin saya baru pulang syuting acara di NET TV. Beguyur bae kato wong Palembang,” ujar Yanuar Amory diawal pembicaraan, Minggu.

Pria macho ini mengaku sebenarnya banyak stasiun televisi dan radio yang mengundangnya untuk tampil baik untuk siaran langsung ataupun rekaman.

Tetapi profesinya sebagai Aparat Sipil  Negara (ASN) membuatnya harus selektif memilih ‘orderan job’ manggung. Sabtu dan Minggu jadwal manggungnya begitu padat terutama permintaan ‘off air’ di Lampung, Linggau dan puluhan kota di pulau Jawa, Kalimantan dan Maluku.

“Saya tetap profesional membagi waktu dalam bekerja sebagai ASN dan menjadi penyanyi sebagai ‘passion’ hidup saya,” Yanuar Amory menambahkan.

Ia mengakui banjirnya panggilan manggung ‘off air’ dan siaran di Radio tak lepas dari kesuksesannya mengcover ulang lagu milik Seventeen Band berjudul ‘Seisi Hati’ yang sudah sangat terkenal di industri musik nasional. Sejumlah lagu cover justru kerap lebih sukses ketimbang lagu tersebut dinyanyikan penyanyi aslinya.

Sebelumnya lagu ‘Biarkan Aku Mencintaimu’ yang diciptakan dan dinyanyikan Yanuar Amory cukup menarik perhatian. Betapa tidak, lagu tersebut merupakan jawaban dari lagu Fatin Shidqia Lubis berjudul Aku Memilih Setia. Lagu tak ayal kerap diputar hingga hari ini oleh puluhan Stasiun Radio di tanah air.

Sukses dengan lagu hitsnya yang berjudul “Biarkan Aku Mencintaimu” dan sukses dengan cover ulang lagu milik Seventeen Band membuatYanuar Amory memastikandi tahun ini juga akan merilis mini album ‘Cinta Jenaka’ yang sudah digarap dua tahun terakhir. Dalam mini album ‘Cinta Jenaka’ ini terdiri dari tujuh lagu.

Tiga lagu sudah rilis sebelumnya yakni single berjudul ‘Tak kan Lupa’ (Indie label), ‘Cinta sejati’ (Shine Record), ‘Biarkan Aku Mencintaimu’ (Seven Music Indonesia). Sisanya 3 lagu baru yang diyakininya siap meledak di industri musik tanah air.Dalam mini album ini juga akan memuat satu lagu cover milik Seventeen berjudul ‘Seisi Hati’.

Sarjana Ekonomi jebolan Universitas Sriwijaya Palembang ini berharap, mini album ‘Cinta Jenaka’ yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini bisa meramaikan percaturan musik pop tanah air. Apalagi, dalam single-single sebelumnya, respon masyarakat luar biasa bagus.

“Semoga mini album yang berisi lagu-lagu karya saya itu bisa diterima oleh pasar musik Indonesia,” pinta pemilik akun twitter @Yanuar_Amory ini.

Yanuar Amory mengawali karir bermusik sejak duduk di bangku SMA. Berbagai festival diikuti hingga membawa dirinya menjuarai Festival Lagu Pop Daerah Se-Sumsel. Semasa kuliah, pria berdarah Solo ini pernah menjadi Juara I Pemilihan Bujang Gadis Kampus Sumsel.

Dalam karirnya bermusik, Yanuar tak hanya tertarik dengan lagu-lagu bertemakan cinta. Karenanya, dalam kurun waktu enam bulan dirinya berhasil menciptakan 24 lagu bertema cinta dan nasionalisme.

Salah satu lagu ciptaan Yanuar Amory berjudul ‘Semangat Membangun Negeri’ dipersembahkan untuk pelaksanaan Sea Games 2011 di Sumatera Selatan. Lagu ini pun di harapkan Yanuar Amory dapat menjadi salah satu lagu karyanya untuk Asian Games 2018 yang akan dihelat di Palembang.

Editor : B Sadono Priyo