logo

Arloji Cacat Ini Lebih Mahal Dari 4 Lamborghini

Arloji Cacat Ini Lebih Mahal Dari 4 Lamborghini

Rolex submariner. (ist)
20 Juni 2018 11:59 WIB
Penulis : Laksito Adi Darmono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sebuah arloji Rolex Submariner buatan 1956 yang bagian depannya tergores, kehilangan gelang aslinya, dan copot bagian bezel yang mengelilingi wajahnya, laku seharga Rp15 miliar di Balai Lelang Christie, Ahad (17/6/2018).

Kejadian ini dianggap unik lantaran biasanya, arloji yang terjual miliaran rupiah di rumah lelang merupakan barang yang amat langka dan dalam kondisi nyaris seperti baru sehingga orang mengiranya belum pernah dipakai sama sekali.

Memang ini adalah jam langka, dan harga jam seringkali berdasarkan kelangkaan tersebut. Nah, yang membuatnya istimewa adalah model ini memiliki dial (bagian utama atau depan arloji) yang normalnya dipakai pada model Rolex lainnya, yakni Explorer.

Selain itu, petunjuk kedalaman menyelam atau angka yang menunjukkan seberapa dalam jam ini bisa dibawa menyelam, ditulis dalam warna merah, di atas tulisan "Submariner" dan di atas petunjuk jam 6. Di situ tertulis "220/660" tanpa indikasi apakah maksudnya 220 meter atau 660 kaki.

Arloji ini juga memiliki cerita unik. Menurut pria yang menjualnya, arloji tersebut dipakai ayahnya selama beberapa dekade. Ayahnya sempat melepaskan bezel arloji tersebut saat ia bekerja sebagai tukang cat, agar bagian antara dial dan bezel tidak kemasukan cat. Tapi ia tidak mengembalikannya sampai meninggal tahun 2017.

Bagian ini tidak terlalu penting mungkin untuk sebuah arloji "cacat" yang menjadi Submariner termahal yang pernah dijual. Namun kenyataannya, cacat dan kelainan itu membuatnya istimewa karena tidak ada yang menyerupainya. ***