logo

Nurbuat Srimulat Meninggal Dunia Diduga Sakit Jantung, Dimakamkan Di Ambarawa

Nurbuat Srimulat Meninggal Dunia Diduga Sakit Jantung, Dimakamkan Di Ambarawa

Foto: Kapanlagi.com
16 Juni 2018 12:04 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Dunia lawak Indonesia kembali berduka. Nurbuat (69 tahun), salah satu komedian anggota grup lawak Srimulat, meninggal dunia pada malam takbiran, Kamis (14/6/2018) pukul 22.30 WIB, dua jam sebelum Hari H Idul Fitri 1439 H.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun ... Berita duka cita. Telah berpulang ke Rahmatullah Komedian Senior *Mas NURBUAT SRIMULAT. Semoga Almarhum diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah. Aamiin ya robbal alamiin," demikian pesan yang beredar terkait kepergian Nurbuat untuk selama-lamanya, Jumat (15/6/2018).

Ketika dikonfirmasi tentang kabar duka ini, Doyok membenarkan kalau rekan seprofesinya di grup lawak Srimulat, Nurbuat telah menghembuskan nafas terakhir. Jenazah Almarhum, kata Doyok,  langsung dibawa ke Ambarawa, Jawa Tengah untuk dimakamkan di kampung halamannya.

Kepada media, Doyok mengungkapkan bahwa Almarhum meninggal diduga karena serangan jantung. Yang bersangkutan memang sudah lama sering sesak nafas. 

"Jantung dan sesak napas. Kalau sesak napas sudah lama, suka bawa (alat) yang diisap, alat untuk sesak napas," katanya saat dihubungi awak media, Jumat (15/6/2018).

Doyok menuturkan, Nurbuat langsung dilarikan ke Rumah Sakit Harum, Kalimalang, Jakarta Timur setelah mengalami serangan jantung. Kebetulan rumahnya di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dekat dengan rumah anggota Srimulat lainnya. Eko (Alm) dan memang dekat dengan rumah sakit tersebut.

Nurbuat menyusul personel Srimulat lainnya, Gogon yang meninggal dunia pada 15 Mei 2018 di Lampung. Saat itu Gogon meninggal juga akibat serangan jantung, usai menghibur masyarakat Lampung terkait kampanye salah satu pasangan calon pejabat daerah.

Doyok juga menambahkan, sebelum meninggal dunia, Nurbuat sempat dilarikan ke rumah sakit karena sesak napasnya kambuh. Ia sempat menjalani perawatan dan kemudian diperbolehkan pulang lantaran kondisinya sudah stabil.

Namun tak berapa lama di rumah, kondisi Nurbuat kembali menurun.

"Sempat dibawa ke rumah sakit (Nurbuat) sebentar gitu, terus pulang lagi. Kalau meninggalnya, di rumah sakit Harum, Kalimalang," ujar Doyok.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, keluarga lalu bergegas membawa Nurbuat ke Ambarawa, Jawa Tengah untuk dimakamkan.
Menurut Doyok, Nurbuat Srimulat memang akan dimakamkan di kampung halamannya. 

Menurut Doyok, Nurbuat adalah sosok pelawak yang rendah hati. Ia pun termasuk sosok yang diseniorkan di Srimulat karena memiliki sikap ngemong kepada rekan-rekannya. 

Sebagai orang yang dituakan, Nurbuat memang tak pernah terlibat konflik macam-macam. Doyok sendiri bahkan mengaku telah menganggapnya sebagai orangtuanya. 

"Baik orangnya. Senior banget, jadi momong kita gitu lho," kata Doyok mengenang saat dirinya sempat dimarahin Nurbuat karena sampai terkena masalah tahun 2000. "Saya menganggapnya seperti orangtua," ujarnya.

Informasi dari bintang.com, Nurbuat terjun ke dunia lawak di usia 21 tahun. Ia pernah tergabung di kelompok Ludruk Anoraga milik Batalion 513 Malang, Jawa Timur. Kemampuan melawaknya diakui banyak orang saat itu sehingga membuat namanya semakin berkibar di dunia lawak.

Setelah itu, pada 1979, Nurbuat bergabung dengan ludruk Mandala, dan biasa tampil di Sarinah Jakarta. Tiga tahun kemudian ia bergabung dengan Srimulat dan membuat karirnya melambung menjadi pelawak kondang Tanah Air.

Selain punya kemampuan yang mumpuni di atas panggung, Nurbuat juga sangat dihormati di dunia lawak Tanah Air. Terang saja, Nurbuat termasuk diseniorkan oleh rekan-rekannya. ***

Editor : Pudja Rukmana