logo

Tol Soker Dibuka, Kepadatan Kendaraan Pemudik Di Solo Berkurang

Tol Soker Dibuka, Kepadatan Kendaraan Pemudik Di Solo Berkurang

Tol Soker beroperasi, kepadatan kendaraan yang melintas Kota Solo berkurang
13 Juni 2018 22:09 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Dioperasionalkan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) mampu mengurangi kepadatan kendaraan yang melintas di Kota Solo, Jawa Tengah, saat arus mudik. Hal tersebut terlihat dari menurunnya jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo.

"Pemudik lebih memilih lewat jalan tol. Sebelum jalan tol beroperasi, pemudik masuk melalui Kota Solo," jelas Kabis Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, Rabu (13/6/2018).

Jumlah kendaraan pemudik yang masuk Kota Solo menurun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menurut Ari, saat ini arus kendaraan dari luar kota relatif sepi dibanding hari Jum'at-Sabtu (8-9/6/2018).

"Sejak Selasa (12/6/2018) mengalami penurunan. Bahkan saat ini mulai relatif sepi jika dibandingkan dengan ruas masuk jalan tol," katanya.

Ari juga memperkirakan puncak arus mudik di Kota Solo juga sudah terlewati. Sebelumnya puncak arua mudik diprediksi terjadi pada H-2 Lebaran.

"Berdasarkan pengalaman selama 10 tahun terakhir, H-1 (hari ini) dan hari H Lebaran biasanya tidak banyak pemudik yang melintas," jelasnya lagi.

Arus kendaraan di ruas jalan utama Kota Solo, lanjut dia, juga tidak sepadat akhir pekan lalu. Kepadatan arus lalu lintas hanya terkonsentrasi di sekitar pusat perbelanjaan.

"Penghentian operasional truk juga menyebabkan pengurangan kepadatan lalu lintas. Selain itu, libur cuti Lebaran yang lebih panjang juga menyebabkan tidak menumpuknya kendaraan saat mudik," katanya lagi. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH