logo

Lebaran, Resort Di Karimunjawa Hampir Ludes Dipesan Wisatawan

 Lebaran, Resort Di Karimunjawa Hampir Ludes Dipesan Wisatawan

Sternahirunda, menyelam sambil menikmati keindahan Laut Karimunjawa yang memesona.
27 Mei 2018 17:29 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Beberapa resort di kepulauan eksotis Karimunjawa, Kabupaten Jepara, sudah hampir ludes dipesan kaum wisatawan untuk libur Lebaran 2018 nanti. Salah satu resort, Java Paradise Resort, bahkan sudah full booked.

“Dari update terakhir, resort kami sudah full hingga dua pekan,” kata Sales Manager Java Paradise Resort, Agung Yulianto, Minggu (27/5/2018).

Menurut Agung, dalam rangka membantu mempromosikan resort di kepulauan aksotis tersebut, pihaknya pada Jumat malam (25/5/2018) telah bertemu dengan para travel agent di Semarang. Untuk Lebaran tahun ini, Java Paradise Resort sangat terbantu dengan online travel agent, sehingga tingkat hunian langsung tinggi.

Ia menyebut, sudah ada tiga online travel agent yang bekerja sama. Banyak wisatawan mancanegara yang stay selama ini, seperti dari negara kawasan Eropa dan Asia. Karena itu, pihaknya kini ingin mngembangkan terus kerja sama tersebut.

Di hari biasa, okupansi di resortnya berkisar 60% untuk kapasitas 22 kamar dalam setiap bulannya. Sedang saat libur akhir pekan melonjak. Java Paradise Resort, menyediakan tiga paket perjalanan ke Karimunjawa dengan harga mulai Rp1,5 juta untuk stay dua hari satu malam, hingga paket empat hari tiga malam.

Namun, para travellers bisa juga tidak ikut paket. Bisa saja hanya menginap, kemudian wisatanya bisa sendiri atau memanfaatkan travel agent lokal.

Dengan mengundang kalangan travel agent, diharapkan bisa membantu mengenalkan dan mempromosikan resort di kawasan Karimunjawa kepada wisatawan yang berimplikasi terhadap okupansi. Selain di Semarang, acara temu travel agent juga dilaksanakan di Yogyakarta dan Solo.

Dari tiga kota itu, menurut Agung, ada lebih dari 100 travel agent yang berpartisipasi dan berminat memasukkan Java Paradise Resort dalam agenda destinasi mereka. Di Yogyakarta ada 60 travel agent, kemudian di Solo 40 travel agent, dan di Semarang 25 travel agent.

Salah seorang travellers dari Kota Semarang, Sternahirunda Tubifora Geleang (24), menilai Pulau Karimunjawa yang terdiri dari berbagai kepulauan kecil ini, bukan hanya eksotis. Karimunjawa sungguh sangat memikat pesona alamnya. Hamparan pantai dengan pasir putihnya sangat bersih sekali.

"Ini yang membuat kami selalu ketagihan untuk menyelam, bercanda dengan aneka biotas laut serta meraba terumbu karang nan elok. Snorkeling selalu menjadi bidikan wisatawan yang hobi menyelam," kata karyawati OCBC-NISP Semarang yang hobi travellers dan menyelam tersebut.***

Editor : B Sadono Priyo