logo

Tangkap Momentum IMF, Kemenperin Pamerkan Mebel Dan Kopi

Tangkap Momentum IMF, Kemenperin Pamerkan Mebel Dan Kopi

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih. (ist)
13 Maret 2018 21:15 WIB
Penulis : Laksito Adi Darmono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Perindustrian, melakui Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) akan menggelar pameran produk meber dan kerajinan serta tenun dan batik. Pameran diselenggarakan bertepatan dengan penyelenggaraan Rapat Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia (World Bank), 14 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali.

"Ini menjadi momentum untuk mempromosikan berbagai produk unggulan Tanah Air, termasuk produk mebel nasional. Itu momentum yang harus kita tangkap," ujar Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih, di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Gati mengungkapkan, pada momen itu, ratusan ekonom dari berbagai negara akan datang ke Bali. Dengan menggelar pameran, mereka dapat menyaksikan produk-produk unggulan Indinesia, seperti mebel yang memang sudah diakui dunia.

"Bahkan tak hanya mevel, kita bisa pamerkan kerajinan tenun dan batik kita. Tenun kita sudsh sangat dikenal dan digemari oleh mereka,” katanya.

 IKM yang akan berperan serta dalam acara itu, tidak akan melakukan transaksi labgsung produk yang dipamerkan Ajang itu hanya menjadi promosi untuk produk-produk lokal.

“Kita pamerkan, tidak dijual. Mereka akan lihat kualitasnya, yang bisa jadi promosi buat kita. Transaksi bisa saja setelah pameran melalui pesanan,” tutur Gati.

Selain mebel, produk IKM lain juga direncanakan hadir dalam perhelatan IMF untuk dipamerkan, di antaranya kopi, busana, dan aksesoris.

Gati menambahkan, kopi menjadi salah satu andalan Indonesia, karena memiliki cita rasa khas dari setiap daerah di Nusantara. Dengan mengenalkannya kepada delegasi peserta Rapat Tahunan IMF, diharapkan kopi Indonesia semakin mendunia. ***