logo

Petugas Kebakaran Inggris Selamatkan Perempuan Yang Jatuh Ke Kawah Di Bali

Petugas Kebakaran Inggris Selamatkan Perempuan Yang Jatuh Ke Kawah Di Bali

21 Februari 2018 23:32 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - BANGLI: Seorang petugas pemadam kebakaran asal Inggris yang sedang liburan di Bali turut menyelamatkan nyawa seorang perempuan yang terjatuh ke kawah gunung berapi. John Conway langsung turun tangan membantu perempuan yang terjatuh sejauh 40 meter dari tempat pemandangan saat mendaki Gunung Batur, salah satu tujuan wisata di Bali.

Menurut laporan bbc.com, pria berusia 33 tahun itu dengan bantuan warga lain kemudian membawa perempuan tersebut dengan tandu berjalan kaki sejauh 1,7 km untuk turun dari gunung api yang masih aktif.

Conway -yang liburan ke Bali untuk merayakan ulang tahunnya- berpendapat merupakan 'mukjizat' bahwa perempuan itu tetap selamat jika melihat luka yang dideritanya.

Kecelakaan terjadi ketika petugas pemadam kebakaran yang bekerja di Birmingham itu ikut mendaki Gunung Batur untuk menikmati pemandangan matahari terbit pada Minggu (18/2/2018).

"Dia jelas dalam kondisi yang buruk. Dia mengeluarkan banyak darah dan menjadi biru."

Dengan mengandalkan kertas tisu basah dan kering serta selotip, Conway menghabiskan waktu sekitar setengah jam untuk menghentikan pendarahan perempuan itu sebelum dibantu oleh seorang perawat, Dorina Agache, yang berasal dari Dublin, Republik Irlandia.

"Kami berdua saling bantu membantu, untuk memastikan perempuan itu tetap sadar dan kondisinya tidak memburuk selama enam hingga tujuh jam mendatang."

Para pendaki lain memberikan baju untuk membuat tubuh korban tetap hangat serta membentuk rantai manusia guna mengangkatnya ke luar dari kawah dengan menggunakan tandu, yang membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Setelah itu mereka membawanya turun dari gunung dengan perjalanan selama lima jam.
Image caption Gunung Batur dan danau di dekatnya merupakan salah satu tujuan wisata di Bali.

Conway dan Agache juga ikut mengantarkan perempuan bersangkutan ke rumah sakit tempat dia didiagnosa menderita patah tulang belakang, retak di bagian rusuk, dan cedera serius di bagian kepala.

"Melihat kondisi saat kami menemukannya dan tingkat cederanya, merupakan mukjizat dia bisa selamat,"

Perempuan itu kemudian dirawat di rumah sakit dan Conway sudah menghubunginya dan akan membesuknya sebelum kembali ke Inggris.

"Bahkan sampai sekarang, saya menjalani peristiwa-peristiwa itu seperti semuanya tidak nyata." ***