logo

Olimpiade Musim Dingin: Skater Gay Kanada Raih Emas

Olimpiade Musim Dingin: Skater Gay Kanada  Raih Emas

13 Februari 2018 21:58 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - PYEONGCHANG: Pemain ski  Eric Radford mengaku bangga setelah menobatkan diri menjadi pria gay pertama Kanada yang merebut medali emas di ajang Olimpiade Musim Dingin.  Radford meraih emas dalam nomor ski beregu Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang  bersama rekannya Meagan Duhamel.

Pasangan ini melakukan penampilan yang indah untuk Adel's Hometown Glory.

Atlet AS Adam Rippon, atlet gay pertama yang terbuka untuk mencapai tim Olimpiade Musim Dingin AS, memenangkan perunggu di acara yang sama di Gangneung Ice Arena.

Mereka bergabung dengan pemain  biseksual Belanda, Ireen Wust - peraih emas paling sukses di negaranya dengan 10 medali.

Setelah menang, Radford, 33, menulis di Twitter: "Ini luar biasa! Saya benar-benar merasa bisa meledak dengan bangga."

Rekan peraih medali Kanada dan advokat LGBT Mark Tewksbury, yang memenangkan medali emas pada tahun 1992, mengirim ucapan selamatnya.

"Akhirnya pada 2018 seorang pria gay terbuka berada di puncak podium," katanya. "Tidak ada lagi isolasi untuk pria sport LGBT !!"

"Ini fantastis," kata Angela Ruggiero, ketua Komisi Atletik Komite Olimpiade Internasional. "[Dia] membuka jalan untuk mengirim pesan yang benar-benar positif secara global untuk mengatakan bahwa setiap orang harus diterima dan setiap orang harus dapat bersaing di Olimpiade." ***