logo

Gatot S Dewa Broto: Seluruh Persiapan Asian Games Tetap On The Track

Gatot S Dewa Broto: Seluruh Persiapan Asian Games Tetap On The Track

Gatot S Dewa Broto.(Foto: Ist)
10 Februari 2018 11:58 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA (Suara Karya): Enam bulan menjelang pelaksanaan Game Time Asian Games XVIII/2018, persiapan panitia terus berjalan. Baik itu persiapan infrastruktur maupun persiapan atlet di Pelatnas.

Sudah sejauh mana persiapan tuan rumah menghadapi pesta olahraga negara-negara Asia yang akan berlangsung 18 Agustur – 2 September 2018 tersebut, Markon Piliang dari Suarakarya.id mewawancarai Wakil Ketua II Panitia Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC), yang juga Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto di Jakarta baru-baru ini. Berikut petikan wawancaranya:

Pelaksanaan Asian Games XVIII/2018 sudah semakin dekat. Sudah sejauh mana persiapan panitia hingga saat ini?

Persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games masih berada pada jalurnya atau masih tetap On The Track. Termasuk persiapan atlet di Pelatnas berjalan sesuai program yang dibuat pelatih di masing-masing cabang olahraga. Meski secara resmi SK Pelatnas baru turun pada Januari dan Februari 2018, tetapi persiapan di masing-masing cabang olahraga sudah berjalan jauh hari sebelumnya.

Apakah Pelatnas sudah menjalankan periodisasi latihan dengan benar, mengingat waktu yang tersisa sudah sangat singkat.

Periodisasi latihan dimulai dengan persiapan umum, persiapan khusus, pra kompetisi dan kompetisi itu tetap berjalan sesuai rulnya. Jadi tidak ada yang namanya persiapan mepet karena dana terlambat turun. Pasalnya, walaupun dana terlambat turun toh setiap cabang olahraga sudah latihan sejak 2017.

Bagaimana dengan persiapan secara umum?

Persiapan Asian Games itu terbagi tiga. Persiapan organisasi, infrastruktur, dan atlet. Persiapan organisasi juga tetap berada on the track karena rapat-rapat yang dilakukan sesuai dengan rencana termasuk rapat dengan OCA.

Kemudian untuk infrastruktur kita juga sudah lega karena beberapa venue sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Memang ada yang belum seperti velodrome di Rawamangun dan equestrian di Pulomas. Tapi kita optimis itu akan selesai pada waktu yang kita tetapkan deadline-nya.

Bagaimana dengan anggaran Pelatnas?

Menyangkut atlet sudah tidak ada masalah. Anggaran sudah turun dan cabor tinggal menjalankan tugasnya berlatih, berlatih, dan berlatih. Tidak ada lagi masalah karena semua sudah berjalan on the track.  Sekarang kita yang menagih, tunjukkan kepada kami prestasi dan tunjukkan kepada pemerintah laporan penggunaan uang yang benar dan baik secara administrasi. ***

 

 

Editor : Markon Piliang