logo

Olimpiade Musim Dingin: Korsel Dan Korut Menyatu, Bendera Korea Bersatu Berkibar

Olimpiade Musim Dingin: Korsel Dan Korut Menyatu, Bendera Korea Bersatu Berkibar

10 Februari 2018 00:36 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - PYEONGCHANG (Suara Karya): Harapan persatuan menyala menghangatkan dinginnya udara Pyeongchangpada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018. Korea Selatan dan Korea Utara yang selama ini bermusuhan menyatu dalam parade kontingen peserta dengan mengibarkan Bendera Korea Bersatu.

Saat bersejarah itu tercatat Jumat, 9 Februari 2018, saat upacara pembukaan pesta olahraga musim dingin yang berlangsung dalam susuh minus 6C. Diperkirakan 35.000 penonton di dalam Stadion Olimpiade diberi penghangat tempat duduk, perisai angin, topi dan sarung tangan dengan suhu serendah -6C selama upacara dua jam tersebut.

Atlet kedua Korea masuk di bawah bendera yang sama selama parade tersebut, setelah berbulan-bulan mengalami ketegangan di semenanjung Korea. Pemain hoki es Korut Chung Gum Hwang dan pemain bobsledder Korsel Won Yun-jong menjadi pembawa bendera bersama.

Tokoh politik senior dari Korut dan Amerika Serikat tampak hadir. Kim Yo-jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, duduk satu baris di belakang wakil presiden Amerika Serikat Mike Pence di bagian VIP.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan dengannya dan mengatakan pada upacara tersebut: "Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan salam dan pesan persahabatan dari rakyat Korea. Olimpiade Musim Panas Seoul 1988 membuka jalan untuk rekonsiliasi antara timur dan barat - yang menghancurkan tembok Perang Dingin. Tiga puluh tahun setelah menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas, Olimpiade Pyeongchang telah dimulai dengan harapan untuk perdamaian dari semua orang di seluruh dunia."

"Dengan keinginan kuat bahwa rakyat Korea bercita-cita menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, satu-satunya negara terbagi di dunia, ini mencerminkan semangat Olimpiade untuk mencapai perdamaian."

Korea Utara mengumumkan akan mengirim delegasi ke Pyeongchang pada bulan Januari setelah bertemu dengan rekan-rekannya di tingkat selatan dalam perundingan tingkat tinggi pertama mereka dalam lebih dari dua tahun.

Tim tersebut terdiri dari 22 atlet yang akan bersaing dalam lima cabang olahraga, meskipun pemain hoki es wanita mereka akan berkompetisi di tim Korea yang bersatu. Mereka bermain bersama untuk pertama kalinya pada hari Minggu lalu dalam pertandingan latihan mereka, yang kalah 3-1 dari Swedia.
Upacara budaya dan warna terang

"Kami lebih kuat dari semua kekuatan yang ingin membagi kami," kata presiden Olimpiade Thomas Bach. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH