logo

Kasus Hannien Tour, Polresta Solo Pastikan Uang Rp5 Miliar Hangus

Kasus Hannien Tour, Polresta Solo Pastikan Uang Rp5 Miliar Hangus

Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi
17 Januari 2018 22:22 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SOLO (Suara Karya): Polresta Solo memastikan dana sebesar Rp5 milar yang dititipkan PT Ustmaniyah Hannien Tour kepada salah satu maskapai penerbangan nasional, tidak bisa ditarik. Kepastian tersebut diperoleh setelah pihak Polresta Solo mendatangi kantor maskapai penerbangan tersebut.

"Kami sudah mendatangi maskapai penerbangan itu dan ternyata uang yang telah didepositokan oleh tersangka tidak bisa ditarik. Berdasarkan keterangan para tersangka uang yang dititipkan mencapai Rp5 miliar," jelas Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi kepada wartawan, di kantornya, Rabu (17/1/2018).

Lebih lanjut Agus mengatakan jumlah uang yang didepositokan ke maskapai penerbangan sebesar Rp10 miliar. Penyerahan dilakukan pada tanggal 9 September 2016.

"Sebesar Rp5 miliar telah digunakan PT Hannien Tour untuk akomodasi calon jamaah umroh. Jadi masih ada sisa Rp5 miliar yang tidak digunakan hingga batas waktu terakhir 25 Juni 2017," jelasnya lagi.

Karena sudah melampaui batas akhir maka uang tersebut telah hangus dan tidak bisa ditarik kembali. Pihaknya juga mengatakan harapan korban penipuan dan penggelapan biro umrah PT Ustmaniyah Hannien Tour untuk mendapatkan pengembalian uang, kemungkinan kecil akan berhasil.

"Kami sudah berupaya semaksimal mungkin," ujarnya.

Sementara itu, jumlah korban penipuan dan penggelapan biro umrah dan haji PT Ustamaniyah Hannien Tour hingga hari ini mencapai 4.126 orang. Sebelumnya disebutkan jumlahnya 1.800 yang tersebar di 10 kantor cabang Hannien Tour. ***

Editor : Pudja Rukmana