logo

Gelar Sail Indonesia, NTB Anggarkan Rp 4,5 Miliar

Gelar Sail Indonesia, NTB Anggarkan Rp 4,5 Miliar

SUMBAWA BESAR (Suara Karya): Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata NTB sudah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Sumbawa beberapa waktu lalu. Guna membicarakan persiapan awal  terkait pelaksanaan kegiatan Sail Indonesia yang rencananya dipusatkan di Provinsi NTB. Rencananya Pemprov akan mendatangi pemerintah pusat untuk memastikan Surat Keputusan (SK) lokasi kegiatan puncak Sail tersebut.

Kepala Dispopar Kabupaten Sumbawa, Ir. H. junaidi, M.Si mengakui pihaknya melakukan rapat pertemuan dengan pihak provinsi pada Jumat lalu. Untruk pelaksanaan Sail di NTB, pemprov sudah menganggarkan Rp 4,5 miliar. Pemda juga diharapkan bisa mendukung untuk kegiatan pendukung, dan mengisi beberapa atraksi. “Hari jumat kemarin kami dari Dinas pariwisata Kabupaten Sumbawa dan Dinas Pariwisata Provinsi melaksanakan rapat dalam membahas persiapan awal,” ujarnya seperti dilansir suarantb.

Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan Sail Indonesia direncanakan pada tanggal 12 sampai 19 September mendatang. Untuk mengetahui sejauh mana SK penetapan NTB atau Sumbawa sebagai lokasi kegiatan puncak Sail, pemprov akan melakukan pertemuan dengan Kementrian Pariwisata dan Kemenko Kemaritiman. Karena saat ini SK tersebut masih berproses.

“SK sedang diproses pusat. SK penetapannya dari Menko Kemaritiman. Makanya hari Senin Pemprov akan ke pusat mengecek sejauh mana SK tersebut sekaligus koordinasi tentang kesiapan pelaksanaan kegiatan lainnya,” terangnya.

Kejelasan dari SK tersebut sebagai dasar pemprov atau pemda untuk bergerak. Nantinya setelah SK keluar, maka Dinas Pariwisata Provinsi akan berkoordinasi atau rapat teknis di Kabupaten Sumbawa untuk pembentukan tim. Dalam rangka sejauh mana Kabupaten Sumbawa untuk persiapan lokasi tempat kegiatan. “Dasar untuk bersikap menunggu SK. Baru nantinya koordinasi sejauh mana kesiapan Sumbawa, terutama infrastruktur pendukung di lokasi,” tandas H. Jun.***

Gungde Ariwangsa SH
Wartawan Sertifikat Utama. WA: 087783358784 - HP: 082110068127.- E-mail: aagwaa@yahoo.com
Editor :