logo

Bangun LTSA, Kemenko PMK Ingin Ada Perbaikan Tata Kelola TKI

Bangun LTSA, Kemenko PMK Ingin Ada Perbaikan Tata Kelola TKI

Dok. Kemenko PMK.
Melalui Layanan satu atap, calon TKI mendapatkan layanan informasi dan dokumen debgan mudah, cepat, transparan dan bebas praktik korupsi.

JAKARTA (Suara Karya): Guna meningkatkan perlindungan bagi tenaga kerja Indonesia di luar negeri, Pemerintah telah melaksanakan program perbaikan tata kelola layanan TKI baik di daerah perbatasan maupun daerah kantong dengan pembangunan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA).

Demikian diungkapkan Deputi bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Sujatmiko, saat memimpin rapat koordinasi perbaikan tata kelola TKI di daerah perbatasan dan daerah kantong (sumber) TKI, Rabu (6/12).

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Sujatmiko ingin mengetahui perkembagan dan pelaksanaan pembangunan LTSA yang diinisiasi oleh Kemenaker dan BNP2TKI.

Hal khusus yang dibahas dalam rakor ini adalah perkembangan LTSA bagi TKI di kawasan perbatasan dan kanyong-kantong TKI. Kemenaker sejauh ini sudah membangun LTSA di 3 lokasi pada tahun 2015, kemudian tahun 2016 membangun 5 lokasi, dan 10 lokasi di tahun 2017. Sedangkan BNP2TKI merencanakan target pembangunan LTSA sebanyak 52 titik di wilayah Indonesia sampai dengan tahun 2019. Untuk Kalbar terdapat 2 LTSA yang diresmikan tahun ini, yaitu LTSA P2TKI Entikong dan LTSA P2TKI Sambas. Pada bulan Desember tahun ini, juga akan diresmikan 11 LTSA P2TKI.

Sujatmiko berharap perbaikan tata kelola Layanan TKI di daerah perbatasan  dan daerah kantong TKI dapat berjalan dengan baik. Calon TKI mendapatkan layanan informasi dan dokumen yang mudah, cepat, transparan dan bebas praktik korupsi.

Sujatmiko mengingatkan perlunya koordinasi dan sinkronasi agar perbaikan tata kelola LTSA dapat lebih baik lagi untuk ke depannya. 

"Yang terpenting kita mensosialisasikan kepada stakeholder bahwa kita mempunyai pemahaman yang sama, komitmen bersama untuk perbaikan tata kelola TKI," jelas Sujatmiko.

Rapat yang diselenggarakan di lantai 7 Kemenko PMK, dihadiri oleh Sekretaris Utama BNP2TKI, Hermono M.A; Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI, Teguh Hendro; Perwakilan dari Kemenaker; Kemenkes; Kemensos; KPK; Polri dan K/L terkait lainnya. ***

Laksito Adi Darmono
Wartawan Suara Karya. Email: dlaksitoadi@yahoo.com.
Editor :