logo

Rumah Pintar Pemilu Jakarta Pusat Diresmikan

Rumah Pintar Pemilu Jakarta Pusat Diresmikan

Wali Kota Jakarta Pusat (ketiga dari kiri) menghadiri Peresmian RPP, Rabu (6/12).
Diharapkan seluruh pemerintaha kota dan Kabupaten Kepulauan di DKI memiliki RPP. Tujuannya agar tingkat partisipasi tinggi.

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meresmikan rumah pintar Pemilu (RPP) KPU Kota Administrasi Jakarta Pusat di Jalan Pejambon II, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Berbagai informasi mengenai ke pemiluan bisa didapatkan warga di rumah tersebut. Peresmian rumah pintar pemilu (RPP) ditandai dengan peguntingan pita oleh Ketua KPU RI Arief Budiman.

Hadir Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, Ketua KPU Jakarta Pusat Arief Bawono, Ketua dan anggota aPanwaslu.

Program rumah pintar pemilu sampai hari ini dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota sudah berhasil membentuk RPP ini yang ke 396.a Jumlah tersebut masih kurang 118 lagi. " Ini menjadi tugas para senior nantinya," ucapnya.

“ Mudah-mudahan tahun 2018 rumah pintar pemilu di seluruh KPU provinsi dan daerah telah memiliki rumah pintar pemilu. “ tutur Budiman.

Rumah pintar pemilu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, sehingga masyarakat lebih peduli lagi akan pentingnya pemilu serta pentingnya demokrasi di Indonesia.

Selain itu juga rumah pintar pemilu bisa dijadikan wisata edukasi, jelas Budiman.Rumah pintar pemilu bisa dimanfaatkan para mahasiswa untuk dijadikan penelitian yang sedang menyusun skripsi atau thesis tentang kepemiluhan, tambah Budiman.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, sangat mengapresiasi atas keberadaan rumah pintar dibentuk KPU Jakpus.

“Mudah-mudahan dengan adanya rumah pintar pemilu, pendidkan politik bangsa akan semakin baik, dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berdemokrasi. Pihaknya akan mensinkronisasi dengan program sekolah untuk memberikan pendidkan ke siswa, “ katanya.

KPU  punya program sekolah kunjungi museum. Jadi ini bisa digabungkan dengan program tersebut, para pelajar bisa mengunjungi rumah pintar ini.

Ketua KPU Jakarta Pusat Arif Bawono mengatakan, KPU Jakarta Pusat kini memiliki sosialisasi mobil keliling, diharapkan dengan adanya kendaraan mobil keliling ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu legislatif dan.Pemilu Presiden yang akan datang.

Yon Parjiyono
Editor : Yon Parjiyono