logo

PKPU HI Kembali Bantu Korban Bencana Kekeringan Somalia

PKPU HI Kembali Bantu Korban Bencana Kekeringan Somalia

Bantuan makanan diserahkan kepada 1150 pengungsi dari 100 keluarga. Bantuan paket makanan terdiri dari 50 kg beras, 50 kg gula, 50 kg tepung dan 1 liter minyak goreng yang bisa dimanfaatkan dalam waktu 1 bulan.

JAKARTA (Suara Karya): Lembaga Kemanusiaan PKPU Human initiative bersama Inisiatif Zakat Indonesia kembali, sejak Minggu, 12 Nopember 2017 mengunjungi pusat pengungsian di luar Kota Mogadishu, untuk menyalurkan bantuan makanan dan air bersih.

Penyaluran air bersih dipusatkan di Garasbaley di wilayah Lower Shabelle. Untuk bantuan makanan diserahkan kepada 1150 pengungsi dari 100 keluarga. Bantuan paket makanan terdiri dari 50 kg beras, 50 kg Gula, 50 kg tepung dan 1 liter minyak goreng yang bisa dimanfaatkan dalam waktu 1 bulan.

Para pengungsi berasal dari wilayah pelosok yang jauh dari Mogadishu. "Saya datang ke Mogadishu setelah menempuh perjalanan dari Johad. Kami jalan kaki sejauh 90 km," ungkap Hakimah Syarif salah seorang pengungsi. Ibu dengan 9 anak ini, saat ini tinggal di Camp pinggiran kota Mogadishu sejak akhir tahun 2016 lalu, sementara sang suami masih di kampung halaman. 

Sebagaimana diketahui, dampak kekeringan akhir tahun lalu mengakibatkan separoh atau 6,2 juta penduduk Somalia berada di ambang kelaparan akibat dampak kekeringan berkepanjangan. Dalam 3 bulan terakhir jumlah penduduk yang mengungsi mengalami peningkatan.

Data terbaru PBB pada 7 Nopember 2017 menyebutkan, lebih dari satu juta orang telah mengungsi ke seluruh wilayah khususnya ke tempat yang mendekati perkotaan. Angka ini terus meningkat dibanding laporan bulan oktober yang lalu sebanyak 950 ribu orang. Jumlah pengungsi terbesar masih terpusat di Kota Mogadishu Wilayah Banadir dan Kota Baidowa di wilayah Bay.

Budi Seno P Santo
Wartawan Suara Karya sejak tahun 2005. Pernah meraih penghargaan jurnalistik M Husni Thamrin Award tahun 2008
Editor : Laksito Adi Darmono