logo

Menko PMK Luncurkan "Isi Piringku" Gerakan Makan Sehat Gizi Berimbang

 Menko PMK Luncurkan

foto: ist
Konsep "Isi Piringku" dimaksudkan sebagai pengganti slogan "4 Sehat 5 Sempurna" di masa lalu.

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meluncurkan konsep 'Isi Piringku' yang merupakan gerakan makan makanan sehat dengan gizi seimbang.

Konsep "Isi Piringku" dimaksudkan sebagai pengganti slogan "4 Sehat 5 Sempurna" di masa lalu.

Puan mengungkapkan, ‘Isi Piringku’ dapat bermakna 10 pesan gizi seimbang dengan porsi makanan yang terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan.

"Kebiasaan makan makanan sehat dalam ‘Isi Piringku’ ini harus diiringi dengan perilaku hidup bersih dan sehat berupa kebiasaan cuci tangan, banyak melakukan aktivitas fisik, rajin memantau berat badan agar tetap normal, dan banyak minum air putih," ujar Puan, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

 ‘Isi Piringku’ disusun untuk mengangkat kearifan lokal berupa makanan pokok khas dari 34 provinsi yang ada.

Kemenko PMK terus menyusun konsep ini melalui strategi komunikasi publiknya untuk disampaikan dalam berbagai materi sosialisasi dan edukasinya.

Dalam Rapat Tingkat Menteri, awal November lalu, Menko Puan juga menyosialisasikan konsep 'Isi Piringku' ini di hadapan Menkes Nila F Moeloek, Mendes PDT Eko Putro Sandjojo, serta Seskemenko PMK YB Satya Sananugraha, Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Sigit Priohutomo, Staf Khusus Menko PMK Dolfie OFP, dan Staf Ahli Menko PMK bidang Kependudukan Sonny HB Harmadi. ***

Laksito Adi Darmono
Wartawan Suara Karya. Email: dlaksitoadi@yahoo.com.
Editor :