logo

Peparpenas 2017 > Jawa Tengah Pimpin Klasemen, Riau Optimis Capai Target

Peparpenas 2017  > Jawa Tengah Pimpin Klasemen, Riau Optimis Capai Target

Tim tuan rumah sukses mendulang 23 medali. Dari jumlah tersebut, 12 emas, 3 perak dan 8 perunggu dalam enam cabang olahraga (cabor) yang telah dilalui seperti renang, atletik, tenis meja, bulutangkis, catur dan boccia.

SOLO (Suara Karya): Kontingen Jawa Tengah selaku tuan rumah Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII/2017 berhasil memimpin sementara tangga klasemen sampai pelaksanaan di hari kedua, Minggu (12/11/2017).

Tim tuan rumah sukses mendulang 23 medali. Dari jumlah tersebut, 12 emas, 3 perak dan 8 perunggu dalam enam cabang olahraga (cabor) yang telah dilalui seperti renang, atletik, tenis meja, bulutangkis, catur dan boccia.

Potensi untuk menyandang status sebagai juara umum di kandang sendiri pun kian terbuka digenggam kontingen Jawa Tengah di ajang Peparpenas kali ini. Akan tetapi, posisi tersebut masih belum aman karena sejumlah provinsi masih menguntit dibelakangnya.

Semisal Jawa Timur di urutan dua dengan mengemas 9 emas. Lalu ada Jawa Barat, Papua dan Jambi yang duduk di lima besar. Sejumlah tim dibelakang Jawa Tengah masih mempunyai kans di hari terakhir pelaksanaan, Senin (13/11/2017).

Selain empat tim yang duduk di lima besar, keyakinan juga dituangkan kontingen Riau dalam gelaran Peparpenas tahun ini. Dimana mereka membidik untuk masuk dalam lima besar olahraga disabilitas tingkat pelajar.

Keyakinan itu disampaikan Doni Aprialdi selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau. Ia menilai sejumlah potensi emas masih bisa didulang kontingennya di hari terakhir Peparpenas VIII.

Saat ini Riau sendiri berada di urutan enam dengan mendulang 6 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Lumbung emas didapat Riau dari cabor renang. Dimana kehadiran Syuci Indriani selaku atlet nasional menjadi penolong kontingen.

Syuci yang turut menyumbang satu emas di Asean Para Games Malaysia 2017 itu menunjukkan kontribusinya dengan mengemas tiga emas. Renang sendiri bersumbangsih empat emas bagi kontingen Riau di Peparpenas tahun ini.

"Renang memang termasuk andalan atlet Peparpenas Riau, karena disana ada adik kami, Syuci (Indriani -red) yang memang sudah level nasional," kata Doni saat ditemui di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan, Solo

"Pelapis Syuci sudah ada yang emas. Kemudian atletik kami punya hari ini dua emas, besok ada lagi dua. Jadi Insya Allah target kami 10 emas di Peparpenas tercapai demi masuk lima besar," sambung dia.

Demi mewujudkan target yang dicanangkan, lanjut Doni, pihaknya akan memberikan bonus khusus berupa uang pembinaan terhadap para atlet yang berprestasi di Peparpenas tahun ini.

"Bonus khusus dari Dispora (Riau) ada. Mungkin ada uang pembinaan. Kalau emas mungkin 10 juta, perak 8 juta, perunggu 5 juta untuk atlet pelajar ini," jelas Doni. ***

Klasemen medali (6 Besar):
POS - KONTINGEN - EMAS - PERAK - PERUNGGU
1 - Jawa Tengah - 12 - 3 - 8
2 - Jawa Timur - 9 - 5 - 0
3 - Jawa Barat - 9 - 3 - 3
4 - Papua - 7 - 5 - 8
5 - Jambi - 6 - 3 - 4
6 - Riau - 6 - 2 - 2

Gungde Ariwangsa SH
Wartawan Sertifikat Utama. WA: 087783358784 - HP: 082110068127.- E-mail: aagwaa@yahoo.com
Editor :