logo

Kemenko PMK: Rakyat Butuh Keteladanan Pemimpin

Kemenko PMK: Rakyat Butuh Keteladanan Pemimpin

Wikipedia
Seorang pemimpin yang telah kehilangan integritas akan menjadi contoh buruk bagi rakyat.

JAKARTA (Suara Karya): Keteladanan berawal dari seorang pemimpin. Hal inilah yang kemudian menjadi syarat bahwa seorang pemimpin harus mempunyai 3 sikap yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong.

"Keteladanan pemimpin akan memberikan contoh baik kepada masyarakat. Mereka butuh keteladanan tersebut," ujar Staf Ahli Bidang Kependudukan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Sonny Harry Budiutomo Harmadi, yang dihubungi Sabtu (11/11), di Jakarta.

Menurut Sonny belakangan ini mulai marak ditemukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terhadap penyelenggara negara di sejumlah daerah.

"Ini menyedihkan. Seorang pemimpin yang telah kehilangan integritas akan menjadi contoh buruk bagi rakyat. Karena itu, pemerintah melalui revolusi mental berkomitmen memberantas korupsi," tegas Sonny.

Secara terpisah, Sekretaris Menko PMK Satya Sananugraha menuturkan, untuk tidak korupsi, semua berawal dari masing-masing individu. Jika  individu sudah bermental antikorupsi, barulah bisa membentuk karakter bangsa secara menyeluruh.

"Contoh kecil saja kita bisa mengubah kebiasaan dalam birokrasi yang memakan waktu yang panjang. Seperti pada saat mengurus KTP, yang tadinya bisa berhari-hari, kini bisa lebih cepat. Nah, hal-hal semacam itu yang sebenarnya dituntut kita. Karena revolusi mental kan (tujuannya) perubahan. Jika kita tidak bisa berubah ya susah juga," tandas Satya. ***

Laksito Adi Darmono
Wartawan Suara Karya. Email: dlaksitoadi@yahoo.com.
Editor :