logo

BPJS Ketenagakerjaan KCP Rokan Hulu Resmikan Desa Sadar Jamsos

 BPJS Ketenagakerjaan KCP Rokan Hulu Resmikan Desa Sadar Jamsos

Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hulu sangat terbantu dengan adanya program Jaminan Sosial (Jamsos) khususnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

JAKARTA (Suara Karya): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pekanbaru Panam dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Rokan Hulu meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kecamatan Tambusai Utara, Desa Simpang Harapan, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (10/17).

Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut hadir di Rokan Hulu berkat kerja sama dengan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Program ini dilakukan dengan memberikan perlindungan kepada seluruh aparatur dan masyarakat Desa Simpang Harapan, dengan perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan dan menjadikan Desa Simpang Harapan Sebagai percontohan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Rokan Hulu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rokan Hulu Suparman dalam siaran pers BPJS Ketenagakerjaan mengatakan, Pemerintah Daerah Rokan Hulu sangat terbantu dengan adanya program Jaminan Sosial khususnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sebagai bagian dari dukungan terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan, Pemda Rokan Hulu telah mengeluarkan produk hukum berupa Peraturan Bupati tentang Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Bagi Seluruh Tenaga Kerja di Kabupaten Rokan Hulu.

"Sedangkan atas terpilihnya Desa Simpang Harapan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial di Kabupaten Rokan Hulu, saya sebagai Bupati mengucapkan terima kasih," tutur Bupati.

Di bagian lain, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam, Wisnu Eko Prihartono didampingi Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Rokan Hulu Sawir Achmadi mengemukakan, pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut bertujuan, agar masyarakat mengenal lebih dekat program BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan demikian, akan dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja formal maupun informal di Desa Simpang Harapan," ujarnya.

Dijelaskannya, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, berarti melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko yang terjadi. "Penetapan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Yakni melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja. Sekaligus, mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Bupati Rokan Hulu oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam Wisnu Eko Prihartono. Acara diakhiri dengan pemotongan pita peresmian Desa Simpang Harapan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Budi Seno P Santo
Wartawan Suara Karya sejak tahun 2005. Pernah meraih penghargaan jurnalistik M Husni Thamrin Award tahun 2008
Editor : Gungde Ariwangsa SH