logo

AS Setuju Jual Rudal Thaad Ke Arab Saudi

AS Setuju Jual Rudal Thaad Ke Arab Saudi

Pengumuman tersebut disampaikan sehari setelah Arab Saudi sepakat untuk membeli sistem pertahanan udara dari Rusia.Hal itu akan meningkatkan keamanan Arab Saudi dan Teluk melawan Iran dan ancaman regional lainnya.

WASHINGTON (Suara Karya): Pemerintah Amerika Serikat menyetujui penjualan rudal Terminal Ketinggalan Tingkat Tinggi Tingkat Tinggi (Thaad) ke Arab Saudi. Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa kesepakatan senilai  15 miliar dolar AS itu untuk mendorong kepentingan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS.

Pengumuman tersebut disampaikan sehari setelah Arab Saudi sepakat untuk membeli sistem pertahanan udara dari Rusia.Hal itu akan meningkatkan keamanan Arab Saudi dan Teluk melawan Iran dan  ancaman regional lainnya.  

Badan Pelaksana Keamanan Pertahanan Pentagon menilai kesepakatan itu tidak akan mengubah keseimbangan militer di wilayah tersebu,

Menurut Sebastian Usher, analis BBC soal Arab, kesepakatan multi-miliar dolar terbaru ini akan membantu memenuhi keinginan administrasi Trump untuk terlihat melindungi dan meningkatkan pekerjaan sekutunya.

Donald Trump juga telah membuatnya sangat jelas bahwa dia benar-benar selaras dengan pandangan Saudi tentang Iran sebagai ancaman terbesar di wilayah ini - yang merupakan alasan utama di balik pengharapan Saudi baru ini.

Dia mungkin kurang senang, meskipun tentang kesepakatan senjata yang disetujui Saudi dengan Rusia selama kunjungan Raja Salman ke Moskow minggu ini. Ini menunjukkan bagaimana Riyadh meloloskan taruhannya, karena pengaruh AS telah berkurang di Timur Tengah. ***

Gungde Ariwangsa SH
Wartawan Sertifikat Utama. WA: 087783358784 - HP: 082110068127.- E-mail: aagwaa@yahoo.com
Editor :