logo

Pemkab Banyuwangi dan PLN Gelar Festival Kite

Kami bukan anti layang-layang. Tapi jangan gara-gara layangan putus, warga satu pulau tidak bisa menikmati listrik.

SURABAYA (Suara Karya): Pemkab Banyuwangi menggandeng PLN Distribusi Jatim dalam Festival Kite (Festival Layang-layang) digelar di Pantai cacalan Banyuwangi. Selain untuk menarik daya tarik wisatawan, mereka berharap warga Banyuwangi mau bermain layang-layang di zona aman.

Menurut Wakil Bupati (Wabub) Banyuwangi, Yusuf Midyatmoko, banyak warga Banyuwangi yang menaikkan layang-layang dengan aneka bentuk dan lampu, saat musim layang-layang seperti sekarang. "Layang-layang sudah jadi tren masyarakat Banyuwangi, sekarang kami sedang mengarahkan tren ini untuk menarik minat wisawatan," ujarnya, Sabtu (23/9).

Saat ini, beberapa komunitas warga juga kerap bermain layang-layang beramai-ramai. Bahkan saat malam hari, layang-layang yang dinaikkan warga Banyuwangi sudah dilengkapi lampu aneka bentuk, yang membuat pemandangan langit menjadi semakin menarik.

Dalam rangka mengakomodir kegemaran itulah, pihaknya menggelar Festival Kite yang dipusatkan di Pantai Cacalan. Even yang sudah dua kali digelar ini menarik minat sejumlah wisatawan.

Pada bagian lain, Manager Komunikasi Hukum dan Administrasi (KHA) PLN Distribusi Jatim, Wisnu Yulianto merespon even permainan layang-layan yang dilokalisir di wilayah pantai. "Selama ini kami sudah terlalu direpotkan dengan permainan layang-layang yang menganggu jaringan listrik PLN," ujarnya.

Dalam satu tahun terakhir, kata dia, tercatat ada 67 kasus gangguan jaringan yang dipicu oleh layang-layang putus. Imbasnya bukan hanya PLN yang menderita merugi, para pelanggan PLN listrik PLN yang tidak tahu apa-apa juga ikut menanggung resiko listrik padam.

Bahkan dia juga menyebut, ada sebuah pulau yang listriknya sempat padam karena jaringannya dirusakkan layang-layang putus. "Kami bukan anti layang-layang. Tapi jangan gara-gara layangan putus, warga satu pulau tidak bisa menikmati listrik," tegasnya.

Selama ini pihaknya sudah berulangkali menghimbau warga untuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik. Tapi himbauan itu tak banyak direspon warga yang sudah terlanjur menggemari layang-layang.

Terkait dengan itulah pihaknya siap memenuhi permintaan wakil bupati Banyuwangi yang berharap agar PLN terus mendukung Festival Kite yang akan dijadikan even tahunan tersebut. Melalui even tersebut, BUMN ini berusaha menanamkan kesadaran pentingnya menjaga jaringan listrik dengan cara bermain layang-layang di tempat yang aman.***

Andira
email: andirask@gmail.com
Editor : Laksito Adi Darmono