logo

Hasil Biduk di Apartemen, 175 Orang Ber-KTP Daerah Dibuat SKDS

Hasil Biduk di Apartemen, 175 Orang Ber-KTP Daerah Dibuat SKDS

Suasana pendataan operasi bina kependudukan .
Ada 34 orang warga negara asing (WNA) terjaring operasi biduk di apartemen Thamrin City.

JAKARTA (Suara Karya): Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat kembali menggelar operasi bina kependudukan (Biduk).

Sasaran biduk di gelar di Apartemen Thamrin City, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (12/9) sore. Operasi Biduk dipimpin Wakil Wali Kota Jakpus Bayu Meghantara didampingi Kepala Sudin Kependudukan Raemond dan Camat Tanah Abang Dedi Arif.

Beberapa warga asing juga tak luput dari razia biduk ini. Ada sekitar 34 warga negara asing dari beberapa negara yang tinggal apartemen, namun dari hasil pemeriksaan dokumennya lengkap, Bayu mengatakan, biduk yang digelar di apartemen tersebut pihaknya sekaligus memberikan sosialisasi kepeda penghuni apartemen tentang ketentuan tinggal atau berdomisili di suatu wilayah serta kepemilikan indentitas seseorang sangat diperlukan dan penting.

“Setiap warga harus memiliki KTP, kalau tinggal di suatu wilayah, jika KTP daerah harus membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS), “ ujar Bayu.

Kartu indensitas dan SKDS sangat penting, apalagi di lingkungan apartemen kegiatan warga sangat aktif dan cepat. Terhadap mereka mereka ini harus dilengkapi SKDS.

“Kepada pengelola apartemen, pemilik kontrakan atau penyewaan wajib mendata mereka yang tinggal. Selain itu, harus lapor RT, RW hingga kelurahan, hal ini untuk menghindari yang tidak diinginkan,” kata Bayu.

Camat Tanah Abang Dedi Arif menambahkan, hasil bina kependudukan di apartemen Thamrin City berhasil memeriksa 175 orang WNI, 21 diantaranya KTP daerah dibuatkan Surat Keterangan Domisili Semenetara (SKDS).

Sementara itu,  jumlah personil yang diterjunkan sebanyak 95 orang dari unsur Satpol PP, Imigrasi, TNI, Polri, Sudin Dukcapil, Sudin Perumahan dan beberapa SKPD/UKPD terkait,

Yon Parjiyono
Editor : Yon Parjiyono