logo

PM Jepang Tantang Putin Adu Judo

PM Jepang Tantang Putin Adu Judo

foto (ist)
Abe mengatakan bahwa ia akan senang apabila Putin bersama Presiden Mongolia Khaltmaagiin Battulga -yang juga penggemar olahraga judo- ikut bergabung dalam turnamen judo di Jepang.

 

JAKARTA (Suara Karya): Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menantang Presiden Rusia sekaligus pemegang sabuk hitam judo, Vladimir Putin untuk menjatuhkan peraih medali emas Olimpiade bernama Yasuhiro Yamishita.

Dikutip dari laman Newsweek.com, Jumat (8/9), berbicara kepada Yamashita di sebuah forum ekonomi Asia yang diselenggarakan di Vladivostok, Abe mengatakan bahwa ia akan senang apabila Putin bersama Presiden Mongolia Khaltmaagiin Battulga -yang juga penggemar olahraga judo- ikut bergabung dalam pertandingan tersebut.

"Yamashita, bisakah kamu turut membantu saya untuk mengundang dua presiden bersabuk hitam itu untuk datang ke Jepang dan hadir dalam pertandingan judo?" ujar Abe.

"Dengan cara itu, tentu Yamashita dan kedua presiden dapat menunjukkan kepada kita bagaimana cara yang benar untuk melakukan teknik judo," tambah Abe.

Meski mengajak dua presiden datang dan bertanding, Abe mengaku tak akan turut ambil bagian apabila pertandingan itu benar-benar berlangsung. Pasalnya, ia bukan seorang atlet judo dan tak ingin mengalami cedera.

Pertemuan terakhir Putin dan Abe berlangsung di Jepang. Kala itu, keduanya hadir dalam sebuah pameran judo di Institusi Judo Kodokan yang sangat terkenal di Tokyo.

Sebagai pecinta judo, Putin mengatakan bahwa olahraga tersebut memiliki filosofi yang dalam. Olahraga ini mengajarkan bagaimana cara seseorang menghormati pasangan, orangtua dan guru yang selama ini dianggap sebagai panutan kita. ***

Laksito Adi Darmono
Wartawan Suara Karya. Email: dlaksitoadi@yahoo.com.
Editor :