logo

Mensos: Bansos Bukan Untuk Kebutuhan Lebaran

Mensos: Bansos Bukan Untuk Kebutuhan Lebaran

Bantuan Sosial (bansos) yang cair untuk tahap pertama dan kedua total Rp1 juta, dimanfaatkan untuk pendidikan anak dan belajar menabung.

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, saat berdialog dengan warga Sampang keluarga penerima manfaat (KPM), di Pendopo Kabupaten Sampang, Madura, Minggu (18/6) berpesan, agar dana bansos tidak dibelanjakan untuk keperluan atau kebutuhan lebaran.

Di hadapan 350 KPM program keluarga harapan (PKH), dia menjelaskan, pencairan kedua yang jatuh pada Bulan Juni sangat berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, kata dia, kebutuhan keluarga akan meningkat. "Kalau diambil semua takutnya malah uangnya dibawa ke pasar beli baju baru," ujarnya, yang disambut tawa para ibu.

Disebutkannya, bansos yang cair untuk tahap pertama dan kedua total Rp1 juta, harus dimanfaatkan untuk pendidikan anak dan belajar menabung. Saat ini, ungkapnya, memang menjelang hari raya, tetapi harus diingat waktunya juga bertepatan denganpersiapan anak masuk sekolah.

"Bansos PKH untuk anak sekolah," ucapnya. Untuk itu, Mensos menyarankan, ambil uang bansos seperlunya, jangan lantas diambil semua. Uang PKH untuk keperluan sekolah anak-anak, dan sisihkan juga untuk ditabung.

Para ibu penerima bansos, didampingi petugas BRI, belajar cara menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berisi uang bansos PKH. Mereka mengikuti bimbingan petugas menggunakan kartu di anjungan tunai mandiri, mobil BRI keliling. Sementara itu, untuk mengurangi antrean dan mempercepat pencairan bansos, BRI juga telah menyiapkan 14 Agen BRILink untuk melayani KPM.

"Saya imbau kepada pihak bank maupun Pendamping PKH agar terus menerus memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai PKH non tunai dan pemanfaatannya," tutur Mensos.

Di Kabupaten Sampang, Mensos menyerahkan bantuan sosial sebesar Rp269 miliar yang terdiri dari bantuan PKH Non Tunai, bantuan Beras Sejahtera (Rastra), bansos Disabilitas, bansos Lansia, bansos Keserasian Sosial, bansos Keserssian Sosial, bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP KUBE).

Pada kunjungan kerjanya di Madura ini, Mensos juga berkesempatan meresmikan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis di Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan. (Budi)

Budi Seno P Santo
Wartawan Suara Karya sejak tahun 2005. Pernah meraih penghargaan jurnalistik M Husni Thamrin Award tahun 2008
Editor : Laksito Adi Darmono