logo

Pilgub Jateng 2018 Seluruh DPD II Golkar Dukung Wisnu Suhardono

 Pilgub Jateng 2018 Seluruh DPD II Golkar Dukung Wisnu Suhardono

Wisnu Suhardono bersama Ferry Wawan Cahyono
Dukungan kuat terhadap sosok pengusaha sukses itu, membuat geliat politik di Jateng mulai memanas menjelang pelaksanaan pilgub 2018 yang segera memasuki tahapan awal pada Agustus 2017.

SEMARANG (Suara Karya): Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 mendatang, nama Ketua DPD I Partai Golkar Jateng Wisnu Suhardono semakin gencar disebut. Hampir seluruh DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, kini telah membulatkan tekad mendukungnya untuk maju dalam hajat politik tahunan tersebut.

Dukungan kuat terhadap sosok pengusaha sukses itu, membuat geliat politik di Jateng mulai memanas menjelang pelaksanaan pilgub 2018 yang segera memasuki tahapan awal pada Agustus 2017. Terutama dengan semakin menguatnya beberapa nama yang muncul untuk bersaing melawan petahana yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

Salah satu nama kuat yang muncul adalah Wisnu Suhardono. Ketua DPD I Partai Golkar Jateng itu mengaku, sudah ada beberapa partai yang siap mendukungnya untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di pilgub 2018. Meski demikian, hingga kini ia belum menyatakan kesiapannya mencalonkan diri.

"Seluruh DPD II kabupaten/kota Partai Golkar se-Jateng juga sudah membulatkan tekad mendukung saya untuk maju sebagai cagub," kata Wisnu Suhardono di Semarang (18/6).

Didampingi Sekretaris DPD I Golkar Jateng, Ferry Wawan Cahyono, lebih jauh Wisnu menjelaskan, dirinya masih memerlukan waktu untuk menentukan keputusan terkait dengan pencalonannya di Pilgub Jateng. Ia ingin istikharah, dan dalam waktu dekat mau menjalankan ibadah umroh dulu.

Wisnu menegaskan, dirinya mempersilakan jika DPP Partai Golkar akhirnya juga menugaskannya untuk mencalonkan diri dalam Pilgub Jateng 2018. Akan tetapi harus benar-benar diperjelas, bahwa kesiapannya maju dalam kontestasi pilgub Jateng adalah sebagai cagub, bukan sebagai calon wakil gubernur (wagub).

“Jadi apabila ada yang mewacanakan gabung dengan PDIP namun sekadar sebagai wagub, tentu bukan saya orangnya," katanya.

Terkait peta politik di Jateng, Wisnu menyampaikan penilaiannya, Pilkada 2018 merupakan momentum yang tepat untuk mengambil alih kursi kekuasaan di Jateng yang selama ini terus menerus dipegang PDIP.

“Benar, ini momentum yang baik bagi parpol manapun untuk mengambil alih kekuasaan di Jateng. Kondisi seperti ini, tidak bakal terulang lagi lima tahun ke depan atau kapanpun,” jelasnya.

Analisa itu, tutur Wisnu, bukan berkaca pada hasil Pilkada DKI Jakarta. Pihaknya justru melihat di Jateng belum terpengaruh situasi dari pelaksanaan Pilkada DKI. Dampak Pilkada DKI untuk Jateng baru dapat dilihat ketika mendekati pilkada.

Dia menambahkan, analisa itu mengacu hasil tujuh pilkada serentak 2017 lalu di Jateng, sekaligus sebagai referensi. Golkar tercatat memenangkan hampir di semua kabupaten/kota, sementara PDIP pada pilkada 2017 tidak memperoleh hasil maksimal.

"Seperti ada kejenuhan masyarakat terhadap PDIP. Sebab sudah tiga periode ini (gubernur dari PDIP di Jateng). Pilgub 2018 pasti sangat menarik, apalagi Jateng merupakan basis PDI Perjuangan,” tuturnya.

Di sisi lain, Sekretaris DPD I Golkar Jateng, Ferry Wawan Cahyono, membenarkan adanya dukungan dari DPD II Partai Golkar se-Jateng yang mendorong Wisnu Suhardono untuk maju pada Pilgub 2018 mendatang. Untuk memperkuat dukungan tadi, sejumlah pengurus dan kader Partai Golkar wilayah Provinsi Jawa Tengah bahkan sudah banyak yang menggelar pertemuan untuk membahas persiapan menghadapi Pilgub Jateng.

Seperti halnya DPD II Golkar Dapil 1, 2, dan 3 Jateng belum lama ini juga menggelar pertemuan di Kabupaten Demak. Dalam acara itu disampaikan pernyataan sikap mendukung Ketua DPD I Partai Golkar Jateng, Wisnu Suhardono, untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2018.

Pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Semarang, Salatiga, Kudus, Jepara, Kota Semarang, Kendal, Demak, Pati, Rembang, Blora dan Grobogan.

"Kami Ketua DPD Partai Golkar Dapil 1, 2 dan 3, bertekad mencalonkan Ketua DPD I Golkar Jateng Wisnu Suhardono untuk maju sebagai kandidat gubernur. Kami meminta DPP Partai Golkar bisa mencalonkannya," kata Ketua DPD II Partai Golkar Blora, Siswanto, dalam pernyataan sikapnya. Pernyataan sikap ini akan diteruskan kepada DPD I dan DPP Partai Golkar. 

Ketua DPD II Partai Golkar Salatiga, Sutrisno Supriantoro, menuturkan bahwa Wisnu berhasil memimpin Golkar di Jateng dengan memenangkan sejumlah pemilihan bupati/wali kota. Dia mengklaim pernyataan politik ini juga disampaikan karena banyaknya dukungan dari kader dan simpatisan Golkar di Jateng.

"Sebagai putra daerah, Wisnu tahu dan mengenal seluk beluk Jateng. Dan tentunya juga paham peta politik di Jateng," tegas Sutrisno.***

Pudyo Saptono
Editor : Dwi Putro Agus Asianto -