logo

Kuliah Kerja Nyata, Dekatkan Kampus dengan Masyarakat

Kuliah Kerja Nyata, Dekatkan Kampus dengan Masyarakat

rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi memberangkatkan 2.189 mahasiswa KKN ke sejumlah daerah
Universitas Sebelas Maret (UNS) , Jawa Tengah, berusaha mendekatkan jarak antara lingkungan kampus dengan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik integratif.

SOLO (SK) - Universitas Sebelas Maret (UNS) , Jawa Tengah, berusaha mendekatkan jarak antara lingkungan kampus dengan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik integratif.

Melalui KKN, diharapkan mampu mendekatkan jarak antara kampus yang menjadi simbol orang berpendidikan dengan masyarakat yang lebih tertinggal.

Hal ini dikatakan Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi, disela-sela pemberangkatan 2.189 mahasiswa ke sejumlah lokasi KKN, di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/1).

"Kegiatan KKN dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tapi jangan pernah berprasangka bahwa masyarakat tidak bisa mencari solusi, mahasiswa datang untuk mencarikan solusi alternatif," jelas Rektor dihadapan mahasiswa. Rektor juga meminta kepada mahasiswa peserta KKN untuk tidak menggurui masyarakat, tetapi harus mampu bekerjasama mencarikan solusi atas masalah yang dihadapi mereka. Lebih lanjut Rektor UNS mengatakan tema KKN harus memiliki konsep pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. "Waktu 45 hari harus digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan konsep awal," ujarnya.

Menurut Ravik, tema yang diangkat sesuai dengan proposal yang diajukan mahasiswa. Diantaranya, kota layak anak dan pengentasan kemiskinan, peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan, pengolahan hasil pertanian, serta tata kelola pemerintahan desa. Selain di wilayah Pulau Jawa, KKN juga disebar ke sejumlah daerah di luar Pulau Jawa seperti Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Bali, Sulawesi Tenggara, Serta Papua Barat. "Ada beberapa tema yang mendapat sponsor seperti dari Gubernur Jambi yang mengajak secara khusus untuk penanganan lahan gambut," katanya lagi.

Selain di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, mahasiswa KKN juga diberangkatkan ke Sabah, Malaysia. "Tema mahasiswa KKN di Malaysia, adalah pendidikan anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI), " jelas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Prof Sulistyo Saputro. 

Endang Kusumastuti
Editor :