logo

IIPG Dukung Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai

IIPG Dukung Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai

JAKARTA (SK) - Para ibu diminta jangan panik menghadapi kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar, khususnya harga cabai yang kenaikannya bisa mencapai 100 persen bahkan lebih. "Lebih baik segera melaksanakan program yang dicanangkan pemerintah, yakni melakukan gerakan menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing," tutur Ke

JAKARTA (SK) - Para ibu diminta jangan panik menghadapi kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar, khususnya harga cabai yang kenaikannya bisa mencapai 100 persen bahkan lebih.

"Lebih baik segera melaksanakan program yang dicanangkan pemerintah, yakni melakukan gerakan menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing," tutur Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG), Deisti Novanto, di sela acara pelantikan pengurus IIPG Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Sulteng,  Minggu, (8 /1).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, telah berupaya mengantisipasi kenaikan harga cabai, dengan menggiatkan masyarakat untuk menanam cabai di pekarangan rumah. Untuk itu, Amran lantas  mencanangkan Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai di pekarangan.

Pencanangan gerakan itu dipusatkan di Lapangan Tembak Divisi Infantri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Gerakan tersebut, sebagai upaya pemerintah untuk menggalakkan masyarakat menanam cabai. Fengan begitu, saat harga cabai naik tidak perlu ada kekhawatiran. 

Guna menyukseskan gerakan menanam 50 juta pohon cabai tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) melibatkan ibu penggerak PKK Pusat dan daerah. Sehingga, diharapkan bisa melakukan penanaman 20 batang di setiap rumah tangga.

Terkait hal itu, Deisti mengemukakan Partai Golkar dan IIPG mempunyai perhatian tinggi terhadap kebutuhan sembako termasuk cabai. Salah satunya dengan diluncurkannya  Rumah Pangan Golkar (RPG). "Ini salah satu bukti  IIPG dan Partai Golkar sangat perhatian dengan kebutuhan sembako murah," ujarnya.

Lebih lanjut Deisti mengatakan komitmen RPG dalam memberikan layanan kepada masyarakat kurang mampu di sekitar kantor-kantor Golkar, baik di DPP dan DPD-DPD di seluruh Indonesia. Pembuktiannya dengan menyediakan sembako murah termasuk cabai yang kini harganya meroket.

Di sisi lain, Ketua umum IIPG ini tetap mengingatkan agar para ibu segera menanam pohon cabai di pekarangan masing-masing. Sementara, kebutuhan akan cabai bida diperoleh di RPG dekat kantor DPD Partai Golkar di wilayah masing-masing.

Seperti diketahui  harga cabai melonjak tinggi, khususnya cabai rawit. Harga cabai rawit naik hampir 50 persen dari harga semula. Di Solo harga cabai rawit sempat menembus Rp. 100.000,- per Kg, di Malang Rp. 87.500 per Kg. Bahkan,di Kalimantan sempat menmebus angka Rp. 200.000 per Kg.

Budi Seno P Santo
Wartawan Suara Karya sejak tahun 2005. Pernah meraih penghargaan jurnalistik M Husni Thamrin Award tahun 2008
Editor :