logo

Pelanggan Listrik Dipersilakan Mengadu ke Posko

Pelanggan Listrik Dipersilakan Mengadu ke Posko

Kenaikan tarif listrik gilongan daya 900 VA masih dipertanyakan para pelanggan. PLN distribusi Jatim akhirnya mempersilakan para pelanggan 900 VA yang tidak mampu mengajukan komplain terkait tarif baru yang dimulai 1 Januari 2017 tersebut.

SURABAYA (SK) - Kenaikan tarif listrik golongan daya 900 VA masih dipertanyakan para pelanggan. PLN Distribusi Jatim akhirnya mempersilakan para pelanggan 900 VA yang merasa tidak mampu, mengajukan komplain terkait tarif baru yang dimulai 1 Januari 2017 tersebut.

Menurut Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, dari total 3,8 juta pengguna listrik berdaya 900VA di Jawa Timur terdapat 497 ribu pelanggan yang tergolong keluarga tak mampu. "Sisanya yang 3,3 juta pelanggan itu ternyata masuk kategori mampu, dan harus dilakukan penyesuaian," ujarnya di Surabaya, Senin.

Pihak PLN sendiri memaklumi bila ada masyarakat yang keberatan dengan kebijakan tersebut. Mereka yang keberatan itu diminta untuk mengadu ke Posko Penagduan Subsidi Listrik Tepat Sasaran, yang sudah disediakan PLN.

Posko itu sendiri sengaja dibuat untuk menampung aspirasi masyarakat yang merasa golongan tidak mampu. Mereka nantinya, dipersilakan mengisi formulir di kantor kecamatan atau kelurahan, kemudian petugas akan meneruskan laporan dengan mengakses laman daring mengenai subsidi listrik tepat sasaran.

Petugas kecamatan akan mengunggah ke laman Posko Kementerian ESDM di pusat, dan setelah diterima data tersebut akan diteruskan ke daerah dengan melibatkan perangkat desa. "Mekanisme ini yang mengatur adalah kementerian pusat," tegasnya.

Pinto berharap, masyarakat bisa bijak memanfaatkan posko ini sesuai dengan kondisi nyata, sehingga PLN bisa melakukan klasifikasi secara benar. "Klasifikasi rumah tangga tidak mampu adalah bila pemakaian listriknya di bawah 100 KWh per bulan. Kalau lebih dari itu, ya berarti mampu," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan pencabutan subsidi pada sebagian pelanggan di golongan atrif 900 VA mulai 1 Januari 2017. Pelanggan dengan daya 900 VA dipisahkan menjadi rumah tangga mampu dan rumah tangga miskin.

Kebijakan pemerintah ini dikeluarkan dalam rangka pemberian subsidi tepat sasaran. Mereka yang masuk kategori pelanggan R-1/900 VA rumah tangga mampu, akan diberlakukan kenaikan bertahap setiap 2 bulan, mulai 1 Januari 2017, 1 Maret 2017, 1 Mei 2017 dan pada 1 Juli 2017.

 

Andira
Editor :